Apakah Kita Sekadar Menjual Cerita?

Meskipun sudah ribuan cerita yang sudah beredar di sekitar kita, semangat untuk menikmati cerita tak pernah habis. Termasuk bagi Anda yang berminat untuk mencipta cerita. Ada orang-orang yang tak mampu membuat cerita yang merupakan hasil dari imajinasinya dengan sekadar merajut cerita gosip dari orang-orang terdekatnya. Alih-alih ia merangkai cerita yang ia ciptakan dari ruang imajinasinya dan pengalamannya ia malah mencungkil sedikit demi sedikit hal yang menarik dari orang-orang yang diketahuinya kemudian menyebarkannya melalui mulut ke mulut demi kepuasan diri sendiri. Ia ciptakan gosip untuk menambah vitalitas hidup dengan cara mempermalukan oranglain. Perbuatan seperti itu sebenarnya adalah contoh dari seorang pembuat cerita yang gagal dalam berimajinasi.

Sudah sejak dunia ini hadir, demikian pula cerita sudah ikut lahir bersamanya. Katakanlah mitos yang hingga hari ini masih bertahan dengan caranya sendiri. Kenapa? Karena manusia manapun selalu membutuhkan cerita. Mitos adalah bagian dari cerita yang tumbuh bersama sejarah manusia itu sendiri. Mitos merupakan representasi bagaimana manusia memahami diri dan alam semesta. Lantas bagaimana dengan cerita?

One response

  1. my be.. mungkin budaya melayu mendominasi. tau ga .. sejak jaman dahulu orang melayu senang banged bercerita membanggakan dirinya.. ya sebenernya sesama melayu itu pun tau, bahwa yang di ceritakan adalah buayan boong belaka, tapi semakin pandai orang itu bercerita, semakin di segani orang itu di kalangan masyarakatnya. mungkin karena kecerdasan imajinasinya bercerita kali yaa. atau orang yang pandai berbuai di kalangan melayu di segani karena mampu mengusir penat masyarakat semasa itu..

    jadi whatever lah.. yang penting gue ndiri kaga di gosipin yang kaga2 mba..
    ha..ha..ha..

    keep u’re hert, and writee…
    karena kata kan hilan terbawa angin, namun tulisan kan mengabdi dan terpatri.
    makacie da mampir ke blog q.. blog mba juga cerah.. moga selalu bisa mencrahkan mata yang membacanya..

    wassalam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: