Membangun Disiplin di dalam Kehidupan

Membangun Disiplin Dalam Kehidupan

Oleh : DSK
orang mengatakan bahwa ciri2 orang sukses adalah orang yang selalu disiplin dalam setiap aspek kehidupannya,terutama disiplin waktu. Hal yang sama juga berlaku pada sebuah negara,karena negara berisi seluruh komponen rakyat yang ada di dalamnya.Salah satu kelemahan terbesar bangsa kita adalah kurangnya disiplin,baik itu disiplin lalu lintas,disiplin kerja,disiplin waktu,bahkan untuk keperluan hidup kita saja kita terkadang kurang disipli,(makan,tidur,olahraga).Dan hal ini terjadi di semua lapisan masyarakat,bukan hanya rakyat jelata,tapi juga sampai rakyat penguasa. (artikel dari KASKUS)

Kalau di telaah lebih dalam sepengal artikel diatas sebenarnya hampir semua memiliki impian tuk jadi orang sukses, tetapi ketika dalam implementasinya tidak setiap orang memiliki kesungguhan untuk mencapai impiannya itu. Hal Ini terlihat jelas dari kurangnya disiplin dalam setiaphal yang dikerjakanya. contohnya kadang kita sering memanjakan rasa malas, menggampangkan waktu, dan sering menunda-nunda pekerjaan yang sebetulnya bisa kita lakukan sekarang, dan tanpa kita sadari itu semua akan menunda kesuksesan, kesejahteraan dan kebaikan hidup kita. Seperti ada pepatah mengatakan “ Dia yang menunda kebaikan, sebetulnya akan menunda kebaikannya sendiri.”

Satu-satunya jalan untuk pengembangan karakter pribadi yang baik yang akan mencetak kesuksesan dalam kehidupan adalah disiplin. Disiplin merupakan jalan kebesaran pribadi. Dengan kata lain siapa pun yang ingin mencapai kebesaran pribadinya di masa depan, harus segera mendisiplinkan dirinya. Tidak ada orang yang bisa menjadi pribadi terbaiknya tanpa disiplin. Dan tidak ada sifat buruk seperti apa pun yang tidak bisa diperbaiki dengan disiplin.

Disiplin yang paling utama dalam kehidupan adalah kesetiaan pada yang benar. Maka marilah kita membangun karakter pribadi kita dengan berfokus pada yang membesarkan dan setia kepada yang benar. Karena pribadi yang berfokus pada yang membesarkan dan setia kepada yang benar akan mencapai kemuliaan hidup. Seperti ada pepatah mengatakan “Kepemimpinan utama dalam kehidupan adalah pengendalian diri”. Maka Disiplin pribadi dimulai dengan pengendalian, pikiran dan perasaan kita. Jika kita tidak menguasai pikiran dan perasaan kita, maka kita tidak akan menjadi penguasa atas tindakan kita sendiri. Dan yang menjadi dasar dari disiplin pribadi adalah rasa hormat kepada diri sendiri. Jika kita menghormati diri kita sendiri, kita tidak akan mengijinkannya memikirkan, merasakan, dan melakukan apa yang tidak pantas bagi pribadi kita. Karena kita akan dengan tegas mengatakan ‘tidak’ kepada diri kita sendiri saat kita menyimpang dari yang benar. Disamping itu juga kita tidak akan menawar keputusan dari suara kebenaran dalam diri kita.

Mudah-mudahan beberapa point diatas dapat melengkapi pertimbangan baik kita dalam membangun kehidupan yang setia kepada yang benar, yang tegas, dan yang mendahulukan yang berguna bagi kehidupan banyak orang. ***

Sukabumi, 9 Desember 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: