Tips Pantang Menyerah

Pantang menyerah (tangguh) adalah sebutan bagi pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang  menimpanya. Ketika dia tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan, dia takan patah semangat ia kan selalu mencoba lagi untuk kedua kalinya, ketiga kali sampai ia berhasil  mencapai sukses dan keberhasilan.

Dalam setiap usaha mengejar impian dan harapan, kadang ada saja cobaan yang akan kita alami, semua itu untuk menguji keteguhan hati serta kesiapan kita untuk naik ketingkat yang lebih tinggi. so pada saat kitalagi di uji,  seharusnya kita jangan menjadi pesimis dan berserah diri. Kita harus optimis dan selalu berusaha untuk mencapai dan selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam hidup ini. Jadikanlah pribadi yang pantang menyerah dalam menjalani berbagai masalah hidup.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membuat/mempertahankan semangat juang dalam meraih impian dan cita-cita :

  1. Kalau kita mempunyai kecenderungan mudah menyerah, maka langkah pertama yang paling penting adalah mengakui kelemahan kita itu dengan menyadarinya supaya kita bisa memperbaikinya.
  2. Motivasikanlah diri kita untuk mengembangkan sikap pantang menyerah. Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup. Orang yang mudah menyerah, frustasi dan mudah putus asa adalah orang yang gagal.
  3. Arahkan mata kita pada tujuan, bukan pada hambatan. Bila kita memandang pada tujuan, maka hambatan tidak akan menakutkan. Tapi sebaliknya, bila kita terfokus pada hambatan, kita akan mudah kehabisan daya juang dalam meraih cita.
  4. Beranilah mengambil resiko namun dengan perhitungan yg mantap, hadapi segala sesuatu dengan positif thinking dan jadilah seorang petualang baru dengan penuh keberanian. Keberanian yang benar bukan  seperti orang yang terjun bebas/langsung ke jurang, tapi ia kan seperti orang yang menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yang matang. Kalau kita tidak berani mengambil resiko, tentu saja Anda berada pada tempat yg aman, namun kita tidak akan berkembang.
  5. Hadapilah semua tantangan dengan penuh keberanian. Anggaplah tantangan sebagai “Sparing Partner” yg akan membuat kita semakin kuat, bukan sebagai raksasa yg menelan kita. Semakin banyak tantangan, semakin berani menghadapinya, maka semakin terbentuk karakter yg kuat.
  6. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa kita tidak akan berhasil bila pada usaha kita mengalami kegagalan. Belajarlah dari kegagalan itu agar didapat gambaran yg lebih baik lagi.
  7. Teruslah berusaha, ambillah segala kesempatan yg ada, karena kesempatan itu tak datang untuk kedua kalinya, tidak ada pendobrak kegagalan yg sekuat nilai “kegigihan dan pantang menyerah”. Ingatlah filsofi air yg bisa melubangi batu dengan tetesan yg terus-menerus.
  8. Imbangi kegigihan kita dengan pemikiran yg kreatif. Bila perjalanan kita terhalang oleh batu cadas, kita tidak perlu membenturkan kepala untuk membuktikan bahwa kita pantang menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah bagaimana cara mengatasinya. Carilah jalur alternatif!.
  9. Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan orang lain memotivasi kita. Belajarlah dari kegagalan dan kesalahan orang lain tanpa harus mengalaminya sendiri. Dengan cara itu kita menghemat banyak sekali waktu dan energi yg sangat berharga.

4 responses

  1. tanks sob,.dngan kata2nya membuat semangatku seakan membara kembali,.

    1. Makasih jg dah berkunjung. Semangat terus ya 🙂

    2. makasih ya atas kunjunganya. hidup itu d nikmati d jalani n d syukuri. semangat….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: