Awal Aku Menjadi Guru

Mengingat sekarang hari guru, aku ingin cerita gimana awal aku menjadi guru.

Masih ingat waktu aku duduk di bangku Taman kanak-kanak dan SD,  Aku punya sebuah cita-cita ingin menjadi Polwan. alesan dasarnya mungkin waktu kecil aku banyak inspirasi dari bapaku yang juga seorang polisi. Namun seiring pertumbuhan dan perkembangan berpikir, cita-cita itu berubah ingin jadi koki hotel, bisa di bilang mungkin pengaruh film yang meninpirasiku jadi koki. Dulu aku pikir enak sekali kalau jadi koki di hotel, nantinya bisa mencicipi berbagai masakan, minuman dan kue. So setelah lulus SMP aku memutuskan melanjutkan sekolah ke SMK Perhotelan sebagai langkah awal mewujudkan cita-cita jadi koki. Namun setelah pulang PKL  (Praktek Kerja Lapangan) di hotel selama 3 bulan aku sadar, aku ga cocok jadi koki karena aku ga bisa masak dan ga kreatif dalam hal yang behubungan dengan masakan. Selain itu ternyata jadi koki itu pekerjaanya tak seenak yang pernah kubayangkan sebelumnya cukup rumit dan harus jeli dalam rasa.

Setelah lulus SMK aku sempat merasakan bingung dalam menentukan cita-cita or bisa di bilang aku ga punya cita-cita ingin jadi apa nanti kalau dah selesai kuliah, soalnya basic ku sudah menjurus ke perhotelan namun aku sendiri ga mau melanjutkan kuliah di perhotelan. sementara desakan orangtua selalu memaksaku ku tuk kuliah supaya aku punya gelar. Tanpa pikir panjang waktu itu, aku memilih kuliah  di fakultas/jurusan sastra.  Alasan utama aku memilih sastra karena aku suka membaca karya-karya sastra. kalau di pikir2 alasan yang aneh ya, orang ketika memilih jurusan dia pasti punya harapan besar dalam mewujudkan cita2nya. Jujur dulu aku sendiri sempat merasa bingung juga dengan gelar yang kudapat ini. namun satu yang selalu ku yakini dalam hidup, selalu jalani  kehidupan ini seperti air yang mengalir. 

Setelah lulus kuliah, Banyak pengalaman kerja yang pernah aku jalani seperti pengalaman kerja di PEMDA, Travel, Hotel dan pabrik. Namun entah ketika menjalaninya aku merasakan tidak merasakan kenyamanan dalam bekerja. bukan karena gajinya ataupun jabatanya, entahlah aku juga ga mengerti waktu itu di otakku selalu ingin keluar dari pekerjaan yg telah ku dapati dengan susah payah itu.

Mungkin sudah garis takdir, ketika 3 bulan aku menjabat supervesor di  perusahaan Garmen terbesar di Bogor, tiba-tiba aku diminta pulang oleh orang tua, mereka menyuruhku berhenti dari perusahaan itu dan menyuruhku menjadi guru. Alasan utamanya karena mereka ingin aku kerja yang dekat maklum aku anak bontot yang tak pernah diijinkan kerja jauh. alasan keduanya ortu mempunyai keinginan supaya aku jadi PNS. So demi menyenangkan hati orang tua, besoknya aku melamar jadi guru bermodal nekat tanpa ada pengalaman ngajar ataupun teori teknik mengajar sebelumnya. Namun dengan niat Bismilah, alhamdulilah aku keterima jadi guru bahasa di SMAN 1 Warungkiara. setelah 3 bulan ku jalani profesi ini, tiba-tiba ada keinginan melanjutkan kuliah akta IV /Mengajar selama 1 tahun lebih.

Dan tak terasa sudah 6 tahun aku menjadi guru, dan lewat profesi ini juga aku menemukan kenyamanan dan kepuasan dalam berkerja. Selama ini ternyata perjalanan hidup telah menuntunku  menjadi seorang guru yang selalu mengabdi dan selalu melimpahkan tenaganya untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. dan pengalaman mengajar yang pernah ku jalani selama ini yaitu  mengajar di sekolah MTS dan MA  Al Jazuliah, SMK Mardi Yuana. dan sekarang yang masih ku jalani mengajar di SMAN 1 Warungkiara dan SMA YPGHI juga mengelolah PAUD Nurul Iman yang sudah ku rintis selama 4 tahun ini.

Selamat Hari Guru ya ….🙂

40 responses

  1. berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

    1. makasih atas kunjungannya, salam bloger juga, semoga qta bisa berbagi inspirasi🙂

  2. mulia sekali untuk para guru….

  3. Malah saya sendiri lupa kalau kemarin tanggal 25 hari guru……..jadi ga pakai baju PGRI…hhehehee…Salam kenal…

    1. salam kenal juga ya mas, moga dengan membaca postingan ini jd ingat hari guru tgl 25 november he..🙂

      1. Saya juga dulu ndak ada cita2 jadi guru, Sama sepereti Mba pengen jadi juru masak…hehhehh…trus takdir berkendak lain j…….saya kerja ditempat swasta…dipabrik…trus nggak bertahan lama saya keluar jadi buruh bangunan pun pernah saya lalu kerja di perbankan, dan karena panggilan negara….yayasan..yang ortu bikin…maka saya terpanggil untuk melaksanakan tugas itu…dan alhamdulillah saya sangat menikmati pekerjaan ini….dan mudah-mudahan ndak dimutasii ke kantor…he..he..

  4. awalnya saya punya cita cita jadi english teacher tapi ga kesampean

    1. ga apa2 asalkan sukses dengan cita-cita penggantinya🙂

  5. mantap ini sii.. pengalamannya juga uda banyak banget.. jam terbang tinggi🙂 sukses terus mencetak anak bangsa yg gag termotivasi sama yg namanya nilai.. absurd😦 tingkatkan pembinaan akhlak😦 duhh ko’ saiia jadi ngomel2 iia?!?!?😦

    1. makasih ya atas kunjungannya🙂 ga bagus ko commennya, membuat saya tambah termotivasi. sekali lagi makasih banyak🙂

  6. doakan saya jg supaya bs menjadi guru ya.. saya juga bercita-cita menjadi guru

    1. amin, saya dukung cita2 mas, moga allah merestuinya🙂

  7. jadi guru sudah 6 tahun, sudah lumayan banyak pengalamannya

  8. alhamdulilah pengalaman mengajar sih banyak tp aku masih perlu belajar dari pengalaman2 orang lain supaya aku bisa lebih bijak🙂

  9. blogwalking nyasar di mari.. salam kenal🙂
    kalo dari dulu tu g pernah ada cita2 jadi guru, tp kok yo masih aja tetep nyasar di dunia pendidikan.

    1. makasih atas kunjungannya ya …, ya mungkin dah jodohnya jadi guru

  10. beruntunglah orang yang berilmu yang dengan ilmunya itu memberi manfaat buat orang lain….
    sukses slalu ya 😀

    1. makasih sobat, semoga pengabdianku ini bisa bermanfaat bagi orang lain n bisa mencerdaskan anak bangsa🙂

  11. Ternyata anak seorang prajurit yach…selamat yach…menjadi guru memerlukan kesabaran

    1. yup aku anak prajurit yang berbelok profesinya xixixi
      memang harus sabar dan telaten jd guru supaya disenengi anak2🙂

      1. kalau begitu aku om nya dunk😆

      2. makasih bli mo jd om aku xixixi:)

  12. selamat malam bu guru *gubrak*
    selamat mendidik putra-putri bangsa ya
    hehehe..
    padahal mungkin suatu saat saya juga kerja jadi guru
    soalnya kuliahnya aja masuk FKIP😆

    1. selamat malam juga sobat, oh calon guru dong, saya doain moga bisa mengabdi ya sesuai dengan gelarnya he…🙂

  13. Waduh…. jujur aja, saya ada lho, keinginan untuk jadi guru atau dosen… tapi entah bisa kesampaian apa nggak…😦

    1. didoain moga tercapai cita2 mas ya🙂

  14. wah keren. kalo digodain muridnya, cubit aja mbak. sampe nangis mewek.:mrgreen:

    1. alhamdulilah sampe saat ini murid2ku pada baik he …🙂

  15. propesi yang mulia…
    karena dari seorang gurulah kita bisa seperi sekarang ini..
    contoh kecil, soal baca dan tulis tanpa seorang guru belum tentu bisa..

    salam kenal saja,,dan semangat terus bu guru…

    1. makasih atas kunjungannya ya🙂

  16. saya juga ada keinginan untuk menjadi guru, kira2 apa saja yang harus saya persiapkan untuk melamar menjadi guru? lalu kapan waktu yang paling tepat buat ngelamar? soalnya program ajaran baru kan masih lama dari skrg.

    1. yg harus kamu persiapkan untuk jd seorang guru, siapin mental aj dulu untuk menghadapi anak didik spy ga terlihat gugup di hadapan anak.

  17. nice info. I will be back, to read your nice info. Twitter Tricks

  18. Ibu sama banget alur perjalanan hidupnya. Dimulai cita-cita masa kecil jadi polwan, karena ga sengaja nonton serial Tv ttg background perhotelan, aku juga SMK nya milih perhotelan. nah,, tapi bedanya aku bingung, harus milih jurusan apa untuk kuliah tahun ini😦 karena aku rasa, semasa PKL , Pekerjaan hotel ga semudah yang aku fikirin. Doain ya bu, apa yang aku pilih itu yang Terbaik. Amin….🙂

  19. mba mau tanya nih, kalau pengen jadi guru itu cara ngelamarnya gimana ya? terus nanti kalo wawancara disuruh mikro teaching ya sama kepala sekolahnya? aku pengen banget ngelamar jadi guru tapi ngga tau caranya, tolong share pengalamannya dong, apa aja yg harus saya siapkan kalo pengen jadi guru, karena saya bukan dari FKIP

  20. maaf mb klo boleh tau untuk mendaftar sebgai guru khuhusus guru honor sebab saya baru lulus dn berniat untuk bekerja. sebaiknya apakah saya harus menunggu ada lowongan pekerjaan atau langsung ke sekolahan dengan mmbawa surat lamaran dn brtmu dg kepala sekolah. ditunggu balasan dan sarannya. terimakasih

    1. masukin aja mas lamaranya. tar jg klo kurikulum butuh lg tenaga pengajar mas pasti d hubungi.

  21. assalamualaikum bu guru😀
    saya mau tanya, saya punya keinginan besar jadi guru.. tapi saya dari jurusan teknik di SMK, gimana ya caranya jadi guru teknik. apa bisa nanti kalo saya ngajar di sekolah SMK dengan modal ketrampilan anak teknik… bisa saran ndak untuk prodi saya waktu lanjut kuliah ?
    setelah lulus kuliah ambil akta ngajar dulu atau cari kerja guru honor ya..tolong saranya bu, terima kasih

Tinggalkan Balasan

