4 Tipe Penghianat Menikam dari Belakang & Bermuka Dua

Menikam dari belakang / menusuk dari belakang dan bermuka dua adalah sebuah idiom yang digunakan untuk menggambarkan penghianatan seorang patner, rekan, teman,  sahabat dan saudara. ciri-ciri seorang penghianat seperti ini biasanya di depan kita dia terlihat seperti baik-baik saja, bersikap sopan, hormat, menghargai, membela dan menyayangi kita. Tetapi di belakang ternyata mencaci-maki, mengolok-olok, memfitnah bahkan menjatuhkan kita.

Dalam menjalani hidup ternyata kejadian seperti ini sering terjadi baik yang dilakukan perorangan atau kelompok. Sampai-sampai  saking banyaknya macam penghianatan, istilah menusuk dari belakang atau teman bermuka dua bisa di bagi kedalam empat tipe berdasarkan tindakan penghianatan yang dilakukannya antara lain:

1. One to one

Penghianatan one to one adalah menggambarkan praktik ‘menikam dari belakang’ atau seorang bermuka dua yang dilakukan seseorang kepada seseorang yang lain. Misalnya menjelekan sahabatnya sendiri, memfitnah teman/sahabatnya sendiri, merebut hak teman/sahabatnya sendiri, memacari pacar teman/sahabatnya sendiri, mengakui hasil karya orang lain sebagai hasil karyanya, menjatuhkan reputasi teman/sahabatnya sendiri dan sebagainya.

2. One to many

Penghianatan  one to many adalah menggambarkan praktik ‘menusuk dari belakang’ yang dilakukan seseorang kepada sekelompok orang, lembaga, organisasi atau perkumpulan. Contohnya seorang karyawan yang menjelekan intansi/lembaga tempat dia bekerja pada orang lain, seorang karyawan yang menjelek-jelekan teman-teman kerjanya pada orang lain atau intansi lain, seorang anggota organisasi yang menyebarkan informasi rahasia kepada pihak lain, seorang anggota organisasi yang mencaci-maki organisasinya dengan pihak lain, dan sebagainya.

3. Many to one

Penghianatan Many to one adalah menggambarkan praktik ‘menikam dari belakang’ yang dilakukan oleh sekelompok orang, bisa lembaga, organisasi atau perkumpulan terhadap seseorang. Misalnya sekumpulan orang-orang licik, picik dan iri yang ada di sebuah lembaga, intansi, perusahaan yang punya niat sama ingin menyingkirkan pemimpinnya dari lembaga tersebut.  Atau sebuah partai politik yang anggota-anggotanya ingin menyingkirkan ketua umumnya dengan menghalalkan berbagai cara bahkan sampai melanggar hukum pun dilakukanya asal tujuannya tercapai

4. Many to Many

Penghianatan Many to Many adalah menggambarkan praktik ‘menikam dari belakang’ atau sikap bermuka dua yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan kelompok orang yang lain. Misalkan Antar lembaga A dan Lembaga B. Di depan sepertinya baik-baik saja, tetapi di belakang itu lembaga B mencaci-maki, menjelek-jelekan, meremehkan, membodoh-bodohkan, bahkan memfitnah lembaga A.

Nah, itu tadi sekilas tentang gambaran tipe-tipe penghianat yang menikam dari belakang dan bermuka dua berdasarkan versi saya. Mungkin Anda bisa menambahkan tipenya lagi berdasarkan pengalaman atau punya cerita atau pengalaman lain, silahkan share kan disini?

83 pemikiran pada “4 Tipe Penghianat Menikam dari Belakang & Bermuka Dua

  1. kalo saya sih nggak bisa menambahkan ya mbak. tapi memang sih saya juga sering ketemu dengan tipe tpe diatas ya mungkin yang bisa dilakukan hanya bersabar menghadapinya

    • mang susah menyadarkan orang yang memiliki tipe2 penghianat. di nasehatin secara langsung blm tentu dia bisa terima malah bisa2 dia tambah menjatuhkan qta, tp di biarin juga malah keenakan dia bisa terus2san melakukan praktek itu. so jln satu2nya bersabar aj tar juga pasti dia kena batunya, biar Allah yang membalas perbuatanya.

      • ya betul mbak,perlu kesabaran yg luar biasa.kadang terasa sakit jika menggingatnya hingga rasanya ingin sekali nampar mulut si muka dua pakai batu bata.rasa sakit hati yg luar biasa itu yang saya alami beberapa tahun ini dan saya hanya bisa diam tanpa berbuat apapun.kebiasaan ibu ibu di komplek yang lemah semakin di tindas

      • memang orang bersifat bginilah yg biasanya orang yang ta bertanggung jawab. baik di depan busuk di belakang.

      • benar setiap manusia tidak ada yang baik.maka allah masih memberikan dia umur panjang agar mau bertobat dan memohon ampun padanya..klo saran saya biarkan mereka seperti itu nanti dia akan malu sendiri dan tidak ada temannya yang mau menemaninya..percaya kepada allah smua itu sudah d atur sama yang maha kuasa.kita yang tidak berbuat untuk menjadi contoh agar tidak seperti mereka yang penhianat…

  2. Slm knal,
    Pengalman sy, saya prnah dihianati oleh tmn 1 ktr, kiat saya saya temui dan langsung bicarakn kepenghianat tersbt, apa alasan menghianati saya, hasil yang jelas dpat saya lihat penghianat tsbt malu dan sllu menghindar stiap bertemu sy, trmksh

      • betul setan apa ya kira2 yang memperdayai para penghianat itu?? bisa2nya ketulusan hati dibalas dengan perbuatan setega itu ya yg penting selama kita selalu berbuat baik pd orang lain siapapun yg menjahati kita biar Tuhan yg membalasnya dan semoga mereka sadar atas kejahatan yg diperbuatnya dan segera kembali ke jalan-Nya amin

  3. Pengalamanku sekarang adalah menghadapi orang-orang seperti ini, ak hanya berdoa pd Allah smga di berikan kesabaran, dan jangan sampai mengikuti sifat mrka ….

  4. Bagaimana jika si penghianat ,tukang fitnah itu seorang yang seharusnya jadi panutan masyarakat bahkan dia tidak segan melontarkan isu dengan menghasut seseorang untuk membenci orang yang dia tidak senangi tanpa alasan jelas,dengan pengaruhnya dia gunakan dengan semena mena, tolong kasih solusi dong.

  5. hi all… nice topic… ini gw alamin sendiri, baru hari ini…
    temen kerja yg gw percaya bisa membantu gw untuk menyelesaikan masalah gw, malah menikam gw dari belakang… sakit banget man rasanya… saat kita mempercayai seseorang, apalagi dalam posisi kita terjepit dan butuh pertolongan, itu sama saja kita memberi nyawa kita ama orang itu… tapi yang gw dapet ? didepan ngomong ia…. diblakang gw… tambah dihancurin gw ama dia….
    dan solusinya…. gw akan bantai tuh anak….
    untuk rekan2…. kalau anda merasa tidak mampu menolong teman anda… tolak saja didepan… gak perlu bermulut manis… bayangkan dirimu diujung tanduk dan kamu sangat membutuhkan pertolongan orang itu… tapi kamu malah dijeblosin…. jgn mainin kepercayaan orang… kamu bisa nusuk gw dari belakang…. hati2… kamu bakal ditusuk didepan banyak orang…

  6. ya memang sakit sih rasanya di hianati, tapi insaallah kedepannya kita tidak terjebak kelubang yang sama. kita doain aj mudah2n orang yang telah menghianati kita atau yg punya hati jahat cepat insyaf sebelum ada karma dari perbuatanya. :)

  7. saya juga kna tipu dari seseorang yang saya sayangi……cintai sampai2smuatentang kehidupan saya tau.
    teryata saya ditusuk dari blakang ma dia.,
    didepan kelihatan baik
    di belakang habis saya di jelek2kan,pura2 cinta didepan saya,tapi di belakang saya main2sma smua cowo,hati sayasangat sakit……. skalii,saya cuman bisa bersabar dan berdo’a…smoga alloh membalass smua yang tlah dia lakukan ke saya…..kasih ganjaran/karma.., ba…mintasolusinya donk…

    • sabar aja ya Mas, insaallah semua kesakitan yang pernah Mas rasakan skarang suatu saat kan ada hikmahnya, pelajaran berharganya lwat kejadian pahit ini qta bisa menilai teman di sekeliling kita /qta kan bisa menganalisis teman, mana teman mana penghianat. selain itu kejadian ini bisa membuat qta kuat dalam menjalani hidup.

  8. mb mampir,mbak saya mengalami penghianata dari teman saya,,manis,lembut,sopan,baik itulah dia di hadapan saya,tapi ketika di belakang saya dia menjatuhkan nama baik saya…sakit mb rasanya,,,bingung q mau ngapain,di apain
    hidup ngerasa gak tenang

    • sabar aja, anggap yang pernah km alami itu jd pelajaran berharga supaya qta bisa mengenali mana ketulusan mana keburukan. memang sakit rasanya ketika mengalami tapi di balik itu ada hikmahnya lho … kuncinya tabah n sabar aja ya …. percaya badai pasti berlalu …

  9. Pengkhianat….pengkhianat….pengkhianat. Ya aku juga pernah mengalami di khianati teman sendiri. Dia merebut kekasihku dari sisiku. Dan pengkhianat ini juga jelek-jelekin, fitnah, dan menjatuhkan aku di belakang, aku tahu karena tembok bisa bicara. Tapi semuanya aku balas dengan senyum dan berbuat baik. Sebenarnya kalau aku meneruti amarah dalam hatiku. Aku ingin sekali menamparnya. Tapi kalau membalasnya apa bedanya aku dengan pengkhianat itu. Pengkhianat adalah setan. Dan setan itu harus di jauhi. Aku yakin Allah SWT Maha Adil dan Maha Mengetahui. Dan aku yakin pengkhianat ini tidak akan pernah bahagia dan akan menerima balasan dari Allah SWT.

  10. Astagaa… Ni yg lagi ku alamin saat inii .. gmn caranya buat ngadepin si penghianat / muka dua tersebut .. yg ada saat ini ak emosi bgt ..

  11. ya alloh aku jg mengalaminya hari ini,ada diantara 3 org yg sedang berkonflik dan sya baru sja masuk di dlm pertemanan ini tapi masing2 diantara mereka sdh membawa cerita masing2 tentang maslahnya satu sama lain dan ternyata mereka smua berbalik menyerang sya yg notaben nya bru sya kenal dgn tuduhan yg macam2,sya jd bingung bagaimana ya kok sya yg tdk tahu apa2 malah disalahkan,padahal ketika mrka smua bercerita kpda sya,sya slalu keep tapi ketika sya tdk ada mreka membahas sya masya alloh smoga tuhan mengampuni mereka.

  12. Ping balik: PENGHIANAT « Blognya >> MasRoiS

  13. emang susah ditebak orang munafik,saya z mengalaminya diomongin dan diadukan sama bos yg tidak2..padahal kami satu ruangn kerja dan saya selalu menutupi kekurangan dia yang selalu telat msk kantor..ya gitu lah banyak orang munafik padahal menerti sholat dan arti apa itu munafik

  14. memang ya saya juga kenak saya bantu dia saat kesulitan ehh di belakang teryata di menjelekkan saya gak nyangka aja di hasutnya teman saya untuk menjatuhkan saya ntah apa salah saya tapi saya biarin aja saya hanya bisa sabar ..

  15. saya juga pernah mengalami teman yang menusuk dari belakang membuat hati susah aja sampai tak bisa tidur hati panas so jangan pikirin nanti dia juga dapat balasannya

  16. Kalau nggak salah aku punya kayak gitu didepan aku tuh baik tapi dibelakangnya itu jahat bgt… :) Dia jg pernah minta maaf ke aku kak tapi buktinya apa??? Dia bohong kak… Dia emang pembohong kak :) :’)

  17. ini betul2 menjejaskan maruah akuuu ..dikhalayak ramai dan tidak pernah aku merasa malu yg sangat2 keuali apa yg mereka lakukan terhadap diriku…okey aku akan sabar n tidak marah2 bila putus pertunangan terlarang ne,.,.ingat aku tak marah dan akan sabar sedaya upayaku,kecuali klu ALLAH menghendaki perkara yg boleh menjadi balasan terhadap perbuatan c lelaki n lelaki n lelaki sahaja yg tiada pertanggung jawaban dgn kejadian buruk ….dia dah pijak kepalaku semasa aku tidur….

  18. saya lagi ngalamin hal itu saat ini dimana, ada seorang teman membutuhkan pekerjaan karena harus membiayai adiknya. Akhirnya say mengajukan dia di kantor dan diterima. sampai akhirnya beberapa bulan kemudian setelah dia bekerja sama dengan saya di kantor kadang ada kerjaan dia yang ga beres saya komplain. tapi nyatanya apa, saya pikir dia baik-baik aja menerima karena kan sebatas itu aja dan ga diperpanjang, saya menemukan kemarin dia menjelek-jelekan saya mengatakan saya sok bos padahal yang punya kantor juga biasa aja. heloooooo, sadar woy bos ga komplain karena dia masih nahan diri memaklumi tingkahmu. rasanya gerah banget, di depan bos say bertingkah sok baik ternyata jahat. jujur ga tahu mesti apa, kecewa yang jelas

  19. orng jaahaat yg memakai metode dukun..
    itu bangsat…
    balasan ny akaan parah..
    dengki iri sirik.. itu bangsattt..
    sayaa brsumpah.. jika ada orng seperti itu.
    sya aakan menjauhi ny.

  20. orang yg menjahati orng lain.. dengan perantara dukun itu bangsattt..bahkan menghenti kan rejeki orng laiin..
    itu banngsat.. saya bersumpaah..
    saya ga aakaan biarkan orng seperti itu hidup… kata arya wiguna demiiiii tuhaaaannnnn..

  21. kadang di nasehatin malah ngembet dia……
    malah dia anggab kta yg bersalah
    walau udah knyataan itu trungkap
    sakit bngat rasanya
    mungkin Allah ingin tunjukan kta yg lbh baik drpda @

  22. Bagaimana sikap kita menghadapi orng “bermuka dua”, apalagi itu masih saudara sama kita, didepan aja dia manis, tp dibelakang sungguh berbeda 360°, menjelekkan, fitnah, menebar berita buruk.
    *) apa kita hanya diam saja dn bersabar sampai batas kesabaran ?
    *) apa kita harus bertindak tegas dengan langsung berbicara 4 mata ?
    atau..
    *) kita menjauhinya saja ?
    jujur, saya juga bukan orang yg terlalu suci, tetapi saya terus berusaha semaksimal mungkin dengan bersikap apa adanya, tanpa berlebih2an di dpan maupun diblkng orng lain. tetapi knp balasanny seperti ini. saya hanyalah seorang manusia biasa yg juga mempunyai perasaan.
    terima kasih atas pencerahannya ..

  23. klo gw pny cow, tpi cow itu sok maniizt di dpan gw.tp gw tau di blkang gw dya ky ap., gw diem dlu, ee lama” ketauan klo dya itu emg cow penghianat. kadal buntung. maunya menang sndriii. sok kaya,sok asik,lebay,pkoke nyblin bgt dchhh

  24. Saya jga alamin dan smpai sekarang masih saya alami…saudara sendiri menjelek2kan qta di depan orng lain. Sampai2 orang lain pun yg tidak tahu jln cerita a ikut2 an membenci menghina dan menjauhi kita..saya hnya bisa sabar dan berdoa kpda allah supaya perbuatan a akn dibalas agar dia tahu bgaimna rasa a dibenci dihina dn di olok2 kan… Semua perbuatan pasti ada balasan a biarlah hukum karma yg berlaku di dunia ini..semua perbuatan pasti ada timbal balik a.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s